Mars: KAMI PEMUDA PEMBELA AGAMA... PEMBANGKIT UMAT YANG UTAMA... BERTABLIG MEMIKAT HATI YANG SUCI... BERDALILKAN QURAN DAN HADIS... DITANAM IMAN DISEBAR AMAL... MEMIMPIN JIWA DAN AKHLAKNYA... MEMBASMI BID'AH AGAMA... BERDAKWAH, BERKHUTBAH, BERJIHAD... Reff:: BERSATULAH...BERSATULAH...BERSATULAH... HAI MUSLIMIN... SIAPA YANG MENENTANG ISLAM...MUSNAHLAH DALIL DAN HUJJAHNYA

April 16, 2010

DHAIFKAH ABDULLAH BIN MUHAMMAD BIN AQIL?



Sebuah Majelis Mudzakarah Lembang, dalam salah satu kajiannya, menemukan kejanggalan (kedhaifan) tentang hadis yang menyatakan "Penimbangan Rambut Bayi dengan Takaran Emas atau Perak". Salah satu rowi yang menunjukkan hal itu adalah Abdullah bin Muhammad bin Aqil. Benarkah ia seorang rowi yang dhaif?



DLA'IFKAH ABDULLAH BIN MUHAMMAD BIN 'AQIL?

Penulis:Abu Nabhan (Bid. Dakwah PD Pemuda Persis Kab. Bandung)



Abdullah bin Muhammad bin 'Aqil bin Abi Thalib al-Qurasyiy al-Hasyimiy, Abu Muhammad al-Madaniy.
Nama ibunya: Zaenab ash-Shughra binti 'Ali bin Abi Thalib. Beliau wafat tahun 145 H.

Haditsnya diriwayatkan oleh:
Al-Bukhariy pada al-Adab dan Af'alil 'Ibad, Abu Dawud, At-Tirmidziy dan Ibnu Majah.

GURU-GURUNYA:
1. Ibrahim bin Muhammad bin Thalhah bin 'Ubaidillah.
2. Anas bin Malik
3. Jabir bin Abdillah
4. Hamzah bin Abi Sa'id al-Khudriy
5. Hamzah bin Shuhaib bin Sinan
6. Sa'id bin al-Musayyab
7. Ath-Thufail bin Ubay bin Ka'ab
8. Abdullah bin Jarhad
9. Abdullah bin Ja'far bin Abi Thalib
10. Abdullah bin Umar bin al-Khath-thab
11. Abdurrahman bin Jabir bin Abdillah
12. Abdurrahman bin Yazid bin Jariyah al-Anshariy
13. 'Atha bin Yasar
14. Ali bin al-Husain bin Ali bin Abi Thalib
15. Fadlalah bin Abi Fadlalah al-Anshariy
16. Al-Muharrar bin Abi Hurairah
17. Muhammad bin Usamah bin Zaid
18. Ayahnya (Muhammad bin 'Aqil bin Abi Thalib)
19. Pamannya dari ibu (Muhammad bin Ali bin Abi Thalib/Ibnu al-Hanafiyyah) Muhammad bin Muslim bin Syihab az-Zuhriy
20. Mu'adz bin Rifa'ah bin Rafi' al-Anshariy
21. Abu Salamah bin Abdirrahman bin 'Auf
22. Ar-Rubayyi' binti Mu'awwidz bin 'Afra

MURID-MURIDNYA:
1. Ibrahin bin al-Fadl al-Makhzumiy
2. Ishaq bin Hazim al-Madaniy al-Bazzaz
3. Bisyr bin al-Mufadldlal
4. Al-Hasan bin Shalih bin Hayy
5. Hammad bin Salamah
6. Dawud bin Qais al-Farra
7. Rauh bin al-Qasim
8. Zaidah bin Qudamah
9. Zuhair bin Muhammad at-Tamimiy
10. Zuhair bin Mu'awiyah al-Ju'fiy
11. Sufyan ats-Tsauriy
12. Sufyan bin 'Uyainah
13. Syarik bin Abdillah an-Nakha'iy
14. Abu Ayyub Abdullah bin Ali al-Ifriqiy
15. Abdul Malik bin Juraij
16. Ubaidullah bin Amr ar-Raqiy
17. Furat bin Sulaiman
18. Fulaih bin Sulaiman
19. Al-Qasim bin Abdul Wahid
20. Qais bin ar-Rabi'
21. Al-Mubarak bin Fadlalah
22. Muhammad bin Rasyid al-Makhuliy
23. Muhammad bin 'Ajlan
24. Muhammad bin Ali Assulamiy al-Kufiy
25. Ma'mar bin Rasyid
26. Abu Muhammad al-Mufadlal bin Shadaqah al-Hanafiy
27. Hasyim bin al-Barid
28. Yazid bin Abi Ziyad
29. Ya'qub bin Abdillah al-Qummiy
30. Yusuf bin Ishaq bin Abi Ishaq as-Sabi'iy


YANG MENJARAH:
 Berkata Ibnu Sa'ad: Munkarul hadits, laa yahtajjuuna bihaditsihi wa kaana katsiral 'ilmi.
 Berkata Az-Zahraniy: Kaana Maalikun laa yarwi 'anhu.
 Berkata Ali: Kaana Yahya ibnu Sa'id laa yarwi 'anhu.
 Kata Sufyan bin 'Uyainah: Raaytuhu yuhadditsu nafsahu fahamiltuhu 'ala annahu qad taghayyara.
 Kata Ya'qub: Ibnu 'Aqil shaduq, wa fii hadiitsihi dla'fun syadidun jiddan.
 Kata Abu Ma'mar: Kaana Ibnu 'Uyainah laa yahmadu hifzhahu.
 Kata Imam Ahmad: Ibnu 'Aqil munkarul hadits.
 Kata Yahya bin Ma'in: Laa yuhtajju bihaditsihi. Dla'iful hadits.
 Kata Ali bin al-Madiniy: Kaana dla'ifan.
 Kata Ibrahim bin Ya'qub al-Juzjaniy: Tuwuqqifa 'anhu, 'aammatu wa yarwihi gharibun.
 Kata Abu Zur'ah: Yukhtalafu 'anhu fil asanid.
 Kata Abu Hatim: Layyinul hadits, laysa bilqawiy wa laa biman yuhtajju bihaditsihi, yuktabu haditsuhu.
 Kata al-Hakim Abu Ahmad: Laysa bidzakal matinil mu'tamad.
 Kata at-Tirmidziy: Shaduq, waqad takallama fihi ba'dlu ahlil ilmi min qibali hifzhihi.
 Kata Abu Bakar Ibnu Khuzaimah: Laa ahtajju bihi lisu-i hifzhihi.
 Kata an-Nasaiy: Dla'ifun
 Kata al-Faswa: Shaduq fi haditsihi dla'fun.

YANG MENTA'DIL:
 Ahmad bin Hanbal, Ishaq bin Ibrahim dan al-Humaidiy menjadikan hujjah dengannya.
 Kata al-Bukhariy: Muqaribul hadits.
 Kata al-'Ijliy: Madaniy Tabi'iy tsiqah jaizul hadits.

(lihat: Tahdzibul Kamal, tahdzibut Tahdzib, Siyaru A'lam Nubala, Mizanul I'tidal, Tahdzib al-Asma, Al-Kawakib Nayyirat).


KESIMPULAN IBNU HAJAR:
Shaduq wafii hadiitsihi liynun wa yuqaalu taghayyara biakharah. (Taqribut Tahdzib).

KESIMPULAN ADZ-DZAHABIY:
 Hasanul hadits (al-Mughniy fidl Dlu'afa)
 Haditsuhu fi martabatil hasan (Mizanul I'tidal)


ISTIQRA
Sebagaimana ma'lum di kalangan ulama hadits, bahwa dalam meneliti perawi hadits mereka memiliki manhaj tersendiri yang menyebabkan manhaj mereka ini memiliki mizah (keistimewaan), yaitu:
1. Amanah dan Nazahah (bersih hati) dalam menghukumi
2. Diqqah (cermat, teliti, tidak tasahul dan tidak gegabah) dalam meneliti dan menghukumi
3. Iltizam (mematuhi) adab dalam men-jarh
4. Ijmal dalam menta'dil, tetapi tafshil dalam men-jarh.

Maka pantas Imam Muhammad ibnu Sirin (wafat tahun 110 H pada usia 77 tahun) berkata:


ظلمت اخاك إذا ذكرت مساوئه ولم تذكر محاسنه

Anda telah menzholim saudara anda sendiri, bila anda menerangkan kejelekan (jarh) nya tanpa menerangkan kebaikan (ta'dil) nya. (Ushulul Hadits)


Bila kita mencermati jarh yang ditujukan terhadap Abdullah bin Muhammad bin 'Aqil, kabanyakan jarh tersebut mujmal, -tidak tafshil- dan yang mufashhal berkisar pada segi hifzhur rawi. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Ibnu Khuzaimah, Abu Ma'mar dan At-Tirmidziy.

Imam Ahmad dan Ibnu Sa'ad sama-sama mengatakan: Munkarul hadits.
Imam Al-'Iraqiy berkata: Kebanyakan mereka mengatakan munkar terhadap perawi dikarenakan perawi tersebut meriwayatkan satu hadits.
Kata Ibnu Daqiqil 'Id: Lafaz tersebut disifatkan terhadap perawi yang berhak ditinggalkan haditsnya.(Fathul Mughits).
Al-Hafiz Ibnu Hajar mengatakan: Lafaz tersebut dikatakan oleh Imam Ahmad terhadap perawi yang asing bagi qarin-qarinnya dengan haditsnya. Hal ini diketahui berdasarkan penelitian dari keadaannya. (Hadyus Sari).

Hal ini menunjukkan bahwa munkarul hadits sebagai istilah dari para ulama berbeda dengan istilah Imam al-Bukhariy. Menurut Adz-Dzahabiy pada Mizanul I'tidal dan Ibnu Hajar pada Lisanul Mizan, bila Al-Bukhariy mengatakan terhadap seorang perawi munkarul hadits maka tidak halal riwayat darinya. (Mizanul I'tidal, Lisanul Mizan).

Selain ada yang menjarh -sebagaimana disinggung di atas-, ada beberapa ulama yang menta'dil Abdullah bin Muhammad bin 'Aqil. Selain beliau dikatakan tsiqah oleh al-'Ijliy (lihat Ma'rifat ats-Tsiqat II: 58 no. 963), dan dijadikan hujjah oleh Imam Ahmad, Ishaq bin Rahawaih dan al-Humaidiy, Imam Al-Bukhariy mengatakannya, Muqaribul hadits.

Muhammad Dzakir 'Abbas mengatakan: Muqaribul hadits atau Muqarib. Baik dikasrah huruf "ra" maupun difathah adalah salah satu lafaz ta'dil (kurang tepat yang memasukkannya pada lafaz jarh).
Bila dikasrah (muqarib) berarti perawi tersebut dekat dengan hadits perawi-perawi tsiqah, dan bila difathah (muqarab) berarti hadits para perawi tsiqah dekat dengannya. (Al-Mughniy fi alfazhil jarh wa at-Tadil hal. 101).

Dalam Muqaddimah al-Kasyif (juz I hal. 38) disebutkan:


أن قول البخاري أو تلميذه الترمذي في رجل " مقارب الحديث " من ألفاظ تحسين الحديث الحسن الاصطلاحي،
Bahwasanya ucapan al-Bukhariy atau muridnya, ya'ni at-Tirmidziy terhadap seorang perawi, "muqaribul hadits", merupakan lafaz yang menunjukkan hasan haditsnya, hasan secara istilahiy.


Sebagai perbandingan, Imam at-Tirmidziy meriwayatkan dalam Sunannya:


باب ما جاء في المستحاضة أنها تجمع بين الصلاتين بغسل واحد
118 - حدثنا محمد بن بشار حدثنا أبو عامر العقدي حدثنا زهير بن محمد عن عبد الله بن محمد بن عقيل عن إبراهيم بن محمد بن طلحة عن عمه عمران بن طلحة عن أمه حمنة بنت جحش قالت: كنت أستحاض حيضة كثيرة شديدة فأتيت النبي صلى الله عليه وسلم أستفتيه وأخبره فوجدته في بيت أختي زينب بنت جحش فقلت يا رسول الله إني أستحاض حيضة كثيرة شديدة فما تأمرني فيها قد منعتني الصيام والصلاة قال أنعت لك الكرسف فإنه يذهب الدم قالت هو أكثر من ذلك قال فتلجمي قالت هو أكثر من ذلك قال فاتخذي ثوبا قالت هو أكثر من ذلك إنما أثج ثجا فقال النبي صلى الله عليه وسلم سآمرك بأمرين أيهما صنعت أجزأ عنك فإن قويت عليهما فأنت أعلم فقال إنما هي ركضة من الشيطان فتحيضي ستة أيام أو سبعة أيام في علم الله ثم اغتسلي فإذا رأيت أنك قد طهرت واستنقأت فصلي أربعا وعشرين ليلة أو ثلاثا وعشرين ليلة وأيامها وصومي وصلي فإن ذلك يجزئك وكذلك فافعلي كما تحيض النساء وكما يطهرن لميقات حيضهن وطهرهن فإن قويت على أن تؤخري الظهر وتعجلي العصر ثم تغتسلين حين تطهرين وتصلين الظهر والعصر جميعا ثم تؤخرين المغرب وتعجلين العشاء ثم تغتسلين وتجمعين بين الصلاتين فافعلي وتغتسلين مع الصبح وتصلين وكذلك فافعلي وصومي إن قويت على ذلك فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو أعجب الأمرين إلي.

قال أبو عيسى: هذا حديث حسن صحيح. ورواه عبيد الله بن عمرو الرقي وابن جريج وشريك عن عبد الله بن محمد بن عقيل عن إبراهيم بن محمد بن طلحة عن عمه عمران عن أمه حمنة إلا أن ابن جريج يقول عمر بن طلحة والصحيح عمران بن طلحة.
قال: وسألت محمدا عن هذا الحديث فقال: هو حديث حسن صحيح، وهكذا قال أحمد بن حنبل هو حديث حسن صحيح



Pada sanadnya terdapat Abdullah bin Muhammad bin 'Aqil di atas. Imam at-Tirmidziy bertanya tentang hadits tersebut kepada Muhammad (bin Ismail al-Bukhariy, gurunya), beliau mengatakan, "Hadits ini hasan shahih".
Demikian juga komentar dari Imam Ahmad bin Hanbal.

Berdasarkan hal ini, maka lafaz "muqaribul hadits" Imam al-Bukhariy adalah "hasan".
Maka alangkah tepat apa yang disampaikan Imam Adz-Dzahabiy, setelah beliau memaparkan beberapa jarh yang ditujukan terhadap Abdullah bin Muhammad bin 'Aqil pada Mizan-nya, beliau berkata:
"Haditsuhu fi martabatil hasan" (Hadistnya pada martabat hasan). Begitu pun pada al-Mughni-nya.

Salah satu haditsnya diriwayatkan oleh Imam Ahmad pada Musnad Abi Rafi' tentang shadaqah pada 'aqiqah:



حدثنا زكريا بن عدي قال أخبرني عبيد الله يعني ابن عمرو عن عبد الله بن محمد بن عقيل قال فسألت علي بن الحسين فحدثني عن أبي رافع مولى رسول الله صلى الله عليه وسلم: أن الحسن بن علي لما ولد أرادت أمه فاطمة أن تعق عنه بكبشين فقال لا تعقي عنه ولكن احلقي شعر رأسه ثم تصدقي بوزنه من الورق في سبيل الله ثم ولد حسين بعد ذلك فصنعت مثل ذلك


Al-Haitsamiy mengatakan: Hadits ini hasan (Majma'az-Zawaid IV: 57).
Wallaahu a'lam.


Rahayu, 15 April 2010 M/30 Rabi'uts Tsani 1431 H.


2 comments:

  1. kunjungi tanggapan tentang hal ini....
    http://www.facebook.com/topic.php?topic=15441&post=95940&uid=70460698269#post95940

    ReplyDelete

Text Widget

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket

Selayang Pandang Kab. Bandung

Selayang Pandang Kab. Bandung
Kabupaten Bandung, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Soreang. Secara geografis berada pada 6°,41’ – 7°,19’ Lintang Selatan dan di antara107°22’ – 108°5’ Bujur Timur dengan luas wilayah 176.239 ha. Batas Utara Kabupaten Bandung Barat; Sebelah Timur Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut; Sebelah Selatan Kabupaten Garut dan Kabupaten Cianjur sebelah Barat Kabupaten Bandung Barat; di bagian Tengah Kota Bandung dan Kota Cimahi. Kabupaten Bandung terdiri atas 31 kecamatan, 299 Desa dan 9 Kelurahan. Dengan jumlah penduduk sebesar 2.943.283 jiwa (Hasil Analisis 2006) dengan mata pencaharian yaitu disektor industri, pertanian, pertambangan, perdagangan dan jasa.

Popular Posts