Mars: KAMI PEMUDA PEMBELA AGAMA... PEMBANGKIT UMAT YANG UTAMA... BERTABLIG MEMIKAT HATI YANG SUCI... BERDALILKAN QURAN DAN HADIS... DITANAM IMAN DISEBAR AMAL... MEMIMPIN JIWA DAN AKHLAKNYA... MEMBASMI BID'AH AGAMA... BERDAKWAH, BERKHUTBAH, BERJIHAD... Reff:: BERSATULAH...BERSATULAH...BERSATULAH... HAI MUSLIMIN... SIAPA YANG MENENTANG ISLAM...MUSNAHLAH DALIL DAN HUJJAHNYA

October 18, 2010

WITIR RASULULLAH SAW

Riwayat 1:

قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ أَوْصَانِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْوِتْرِ قَبْلَ النَّوْمِ


Abu Hurairah berkata, "Nabi Saw berwasiat kepadaku agar (melaksanakan shalat) witir sebelum tidur".

Riwayat ini dikutip oleh penulis (al-Bukhari) melalui jalur Abu Usman dari Abu Hurairah dengan lafadz, "agar aku witir sebelum tidur". (Fath al-Bari)

Riwayat ini dikutip juga dalam Musnad Ishaq bin Rahwaih dan Musnad Ahmad.


Riwayat 2:

حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ قَالَ حَدَّثَنَا أَبِي قَالَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ قَالَ حَدَّثَنِي مُسْلِمٌ عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كُلَّ اللَّيْلِ أَوْتَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَانْتَهَى وِتْرُهُ إِلَى السَّحَرِ



Telah menceritakan kepada kami Umar bin Hafs, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami bapakku, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami al-A'masy, ia berkata: Telah menceritakan kepadaku Muslim, dari Masruq, dari Aisyah, ia berkata: "Setiap malam, Rasulullah Saw (melaksanakan) witir dan witirnya selesai sampai (waktu) sahur". (HR al-Bukhari)

Keterangan Sanad
Yang dimaksud dengan "bapakku" dalam riwayat di atas adalah Hafs bin Ghiyats. Sedangkan Muslim adalah Muslim Abu ad-Dhuha, bukan Ibnu Kaisan.

Hadis ini diriwayatkan juga oleh Imam Muslim melalui jalur Yahya bin Wattab sebagai berikut.


عَنْ مَسْرُوقٍ " مِنْ كُلِّ اللَّيْلِ قَدْ أَوْتَرَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - مِنْ أَوَّلِ اللَّيْلِ وَأَوْسَطِهِ وَآخِرِهِ فَانْتَهَى وِتْرُهُ إِلَى السَّحَرِ



Dari Masruq: "Setiap malam, sungguh Rasulullah Saw (melaksanakan) witir dari awal malam, dan pertengahannya, dan di akhirnya, maka witirnya selesai sampai (waktu) sahur".(HR Muslim)

Yang dimaksud dengan awal malam adalah setelah shalat Isya. (Fath al-Bari)
Hadith.al-Islam

No comments:

Post a Comment

Text Widget

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket

Selayang Pandang Kab. Bandung

Selayang Pandang Kab. Bandung
Kabupaten Bandung, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Soreang. Secara geografis berada pada 6°,41’ – 7°,19’ Lintang Selatan dan di antara107°22’ – 108°5’ Bujur Timur dengan luas wilayah 176.239 ha. Batas Utara Kabupaten Bandung Barat; Sebelah Timur Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut; Sebelah Selatan Kabupaten Garut dan Kabupaten Cianjur sebelah Barat Kabupaten Bandung Barat; di bagian Tengah Kota Bandung dan Kota Cimahi. Kabupaten Bandung terdiri atas 31 kecamatan, 299 Desa dan 9 Kelurahan. Dengan jumlah penduduk sebesar 2.943.283 jiwa (Hasil Analisis 2006) dengan mata pencaharian yaitu disektor industri, pertanian, pertambangan, perdagangan dan jasa.

Popular Posts